Cara Setting Email di Android, Gmail atau Yahoo

Cara Seting Email Android- Dalam mengirim pesan, secara cepat kini sudah ada layanan surat elektronik yang biasanya dikenal dengan istilah email. Perlu diketahui bahwa email sendiri merupakan pesan elektronik yang digunakan untuk berkirim dan menerima pesan dengan koneksi internet yang dulunya dilakukan pada komputer saja. Namun dengan perkembangnya jaman, pengiriman surat pun bisa dilakukan dimana saja salah satunya di Android. Pengguna bisa menggunakannya dengan mudah melalui konfigurasi pengaturan e-mail terlebih dahulu dengan melakukan seting email android yang digunakan.

Cara Setting Email Android

Setting Email Gmail / Yahoo di Android

Sebelum melakukan pengaturan email, terlebih dahulu pengguna harus membuat account email dengan nama domain sendiri di cPanel. Tentunya pengguna bisa mengakses surat elektronik ini melalui webmail, outlook express, thunderbird. Untuk melakukannya sendiri sebenarnya cukup mudah, karena pengguna bisa mengubah email pada perangkat android dari email seperti gmail, yahoo, hotmail, maupun layanan lainnya. Maka dari itu, jika ada kotak surat yang baru atau pemberitahuan, langsung bisa melihat dari aplikasi email di android. Nah, jika sudah tidak sabar untuk melakukan penyetingan account email berikut adalah ulasan yang kami berikan dibawah ini.

Cara Setting Email di Android Mudah dan Cepat

  1. Silahkan buka aplikasi email yang kalian miliki.
  2. Selanjutnya masukkan alamat email dan passwordnya sesuai dengan alamat email dan password yang telah dibuat di cPanel.
  3. Pilih IMAP atau POP3. Sebagai catatan, jika memilih IMAP, maka email masih ada di server jika belum dihapus. Sedangkan jika menggunakan POP3, email di server akan dihapus begitu email masuk ke perangkat android.
  4. Setelah itu, seting incoming server, port-nya diisi dengan angka 110 (jika memilih POP3)
  5. Kemudian dalam perangkat android akan memeriksa seting incoming servernya, apakah sudah betul atau belum.
  6. Tunggu hingga proses pemeriksaan sampai selesai.
  7. Lalu setting outgoing server– nya, port diisi 25. Namun, jika provider internet mengharuskan pengaturan tertentu untuk SMTP server dan port tersebut, maka isi saja sesuai dengan permintaan provider internet yang digunakan.
  8. Pilihlah frekuensi pengecekan email di server. Kalau diisi never, mengharuskan cek email yang masuk secara manual. Jadi email tidak secara otomatis masuk ke android.
  9. Mengisi nama account email yang dibuat, misalnya “Email namadomain.com”. Hal ini bertujuan untuk membedakan dengan account email yang lain, misalnya email dari gmail, yahoo dan lain sebagainya. Untuk nama yang diisikan pada kolom form your name adalah nama yang akan ditampilkan pada outgoing email yang akam kalian gunakan.
  10. Selesai, sekarang android akan memuat email yang ada di inbox.

Source:

cara aktifkan email di hp, cara setting email di android, cara mengaktifkan email di android, cara mengaktifkan email, cara mengaktifkan email di hp, cara aktifkan email, cara setting email di android samsung, cara aktifkan email di android, setting email di android samsung, pengaturan email di android